Tahapan Rehabilitasi Narkoba

Rehabilitasi Narkoba

Rehabilitasi narkoba merupakan suatu cara yang bisa dilakukan dengan tujuan agar bisa membantu menyelamatkan pecandu narkoba dari bahaya – bahaya yang mungkin terjadi pada mereka.

Narkoba bagi kesehatan memang sangat membahayakan sekali. Bukan hanya dapat merusak kesehatan psikis, akan tetapi juga akan memberikan dampak buruk untuk kesehatan fisik bagi para penggunanya.

Agar bisa sembuh dari kecanduan akan narkoba, maka terdapat beberapa tahapan yang perlu dilalui oleh si pengguna. Dalam hal ini terdapat tiga tahapan rehabilitasi narkoba yang ada di indonesia. Diantaranya yaitu rehabilitasi medis, rehabilitasi non medis, serta bina lanjut.

Apa Saja Tahapan Rehabilitasi Narkoba Itu ?

Berikut ini merupakan beberapa tahapan rehabilitasi narkoba yang sudah di infokan oleh badan narkotika nasional, antara lain yaitu :

  1. Tahap Rehabilitasi Medis atau Detoksifikasi

Rehabilitasi medis ini adalah tahap pertama yang harus dijalani bagi para pecandu supaya bisa lepas dari ketergantungan akan narkoba. Di tahap ini, dokter akan memeriksakan kesehatan para pecandunya, baik dari kesehatan fisik dan kesehatan mentalnya.

Jika pemeriksaan sudah selesai dilakukan, maka kemudian dokter akan menentukan jenis pengobatan yang akan diberikan kepada si pengguna. Tujuannya yaitu agar hal tersebut bisa mengurangi gejala putus obat yang dialami oleh pecandu.

Obat yang diberikan oleh dokter sesuai dengan jenis narkoba yang dikonsumsi oleh si pengguna juga disesuaikan dengan tingkat keparahan pemakaian dan gejala yang timbul. Contohnya pecandu berat yang biasanya seringkali mengalami sakau, bisa diberikan obat naltrexone atau methadone.

Dengan berjalannya proses rehabilitasi tersebut, maka dosis pemberian obat bisa diturunkan sesuai dengan perkembangan kondisi si pecandu.

  1. Tahap Rehabilitasi Non Medis

Tahap berikutnya  yang perlu diketahui yaitu rehabilitasi non medis. Bagi pecandu narkoba akan mengikuti beberapa kegiatan pemulihan secara terpadu, seperti konseling, terapi kelompok, dan pembinaan keagamaan atau spiritual.

Dengan mengikuti konseling maka mereka akan tahu masalah serta tingkah laku yang membuat mereka menjadi ketergantungan akan narkoba. Maka bagi pecandu akan memperoleh cara yang tepat untuk mengatasinya agar bisa bebas dari obat terlarang tersebut.

Dan untuk terapi kelompok ini dilakukan dengan cara mengadakan forum diskusi yang anggotanya adalah sesama pecandu narkoba. Dengan begitu mereka akan saling mensuport dan membantu satu sama lain dengan tujuan agar bisa bebas dari narkoba.

  1. Tahap Bina Lanjut atau After Care

Tahapan yang terakhir yaitu tahap bina lanjut. Ini merupakan sebuah rangkaian terakhir untuk rehabilitasi narkoba. Bagi para pecandu narkoba akan menjalankan kegiatan  yang sesuai dengan minat serta bakatnya masing Рmasing.

Dengan tujuan agar mereka bisa bekerja dengan normal kembali dan beraktivitas seperti biasanya. Jika sudah bebas dari ketergantungan tersebut, maka mantan pecandu narkoba bisa kembali beraktivitas lagi dengan masyarakat seperti biasanya. Tetapi masih di bawah pengawasan BNN atau yang biasa disebut dengan (Badan Narkotika Nasional).

Akan tetapi juga perlu dukungan dari keluarga, kerabat, dan masyarakat sekitar. Supaya dia bisa kembali menjalani hidup yang lebih sehat serta agar bisa benar – benar terlepas dari jeratan narkoba pada masa yang akan datang.

Apabila anda atau orang terdekat anda ada yang terlanjur mengalami kecanduan narkoba. Maka anda tidak perlu takut untuk melaporkannya. Tujuannya agar si pecandu mendapatkan layanan rehabilitasi.

Oleh karena itu, anda bisa mempercayai pelayanan rehabilitasi di Ashefa Griya Pusaka. Ini merupakan sebuah pusat rehabilitasi swasta untuk para korban penyalahgunaan dan pecandu narkotika yang berada di jakarta selatan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *