Si Kecil Susah Makan? Ini Penyebabnya!

Vitamin anak susah makan

Ketika anak tiba-tiba susah makan, maka orang tua harus segera mencari cara untuk menanganinya. Sebab jika tidak bisa menyebabkan kebutuhan gizi anak tidak terpenuhi dengan baik. Tidak jarang, memberikan vitamin anak susah makan menjadi solusi yang dipilih untuk mengatasi permasalahan tersebut. Namun, ada baiknya juga mengatasi langsung dari akar permasalahannya. Yaitu dengan mengetahui berbagai penyebab anak susah makan, di antaranya:

  1. Bosan dengan makanan yang disajikan. Saat Anda menyajikan makanan baru, awalnya si kecil akan bersemangat dengan melahap habis makanannya. Namun, seperti orang dewasa, anak kecil pun akan merasa bosan jika disajikan makanan yang sama berturut-turut. Cobalah untuk menyajikan makanan yang beragam setiap harinya sehingga si kecil tidak merasa bosan.
  2. Hanya ingin makanan tertentu. Sebagian besar anak memiliki makanan favorit, seperti ayam goreng, ikan, dan sebagainya. Untuk anak dengan kondisi seperti ini, biasanya mereka akan menolak makanan baru. Akibatnya anak berisiko mengalami kekurangan beberapa jenis nutrisi karena mengonsumsi makanan yang sama terus menerus. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengombinasikan makanan baru dengan makanan favorit anak.
  3. Makan snack sebelum makanan berat. Boleh saja memberikan snack sebelum makan makanan berat. Namun, batasi jumlahnya agar anak tidak cepat kenyang sebelum mengonsumsi makanan utama. Selain itu, ada baiknya jika Anda memerhatikan jenis snack yang akan dikonsumsi oleh anak. Hindari snack yang mengandung banyak gula dan karbohidrat. Anda bisa memberikannya buah sebagai snack
  4. Porsi makan terlalu banyak. Saat anak sedang susah makan, sedangkan Anda menyajikan makanan dengan porsi besar tentu akan membuat anak semakin tidak ingin makan. Cobalah berikan makanan dalam porsi yang sedikit namun sering. Menurut Ikatan Dokter Indonesia (IDAI), jarak minimal untuk makan makanan selanjutnya adalah tiga jam. Dengan begitu, anak akan terbiasa merasakan kapan ia lapar dan kapan kenyang.
  5. Masalah kesehatan. Anak tidak nafsu makan dapat menjadi salah satu tanda adanya masalah pada kesehatannya, seperti cacingan. Hal ini dapat membuat berat badan anak menjadi susah naik atau mengalami penurunan berat badan secara drastis. Anda dapat mengatasinya dengan memberikan vitamin untuk anak penderita cacingan. Jangan sampai dibiarkan terlalu lama jika Anak mengalami gejala tersebut. Segera lakukan penangan untuk mencegah munculnya masalah kesahatan yang lain.

Menjaga tumbuh kembang anak memang menjadi perhatian nomor satu untuk para orang tua. Salah satunya adalah memperhatikan dan memperhitungkan setiap gizi yang dikonsumsi. Oleh karenanya, kondisi anak yang sedang mengalami susah makan tidak boleh dibiarkan saja. Semoga artikel ini dapat membantu Anda!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *