Visi dan Misi PAFI Kota Putussibau

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) adalah organisasi profesi yang menaungi ahli farmasi di seluruh Indonesia. PAFI bertujuan untuk meningkatkan kualitas, kompetensi, dan profesionalisme ahli farmasi guna mendukung pelayanan kesehatan yang optimal. Di Kota Putussibau, PAFI berperan aktif dalam berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan farmasi dan kesehatan masyarakat.

 

Sejarah dan Pembentukan PAFI Kota Putussibau

PAFI Kota Putussibau dibentuk untuk menjawab kebutuhan akan wadah bagi para ahli farmasi di wilayah ini. Dengan meningkatnya jumlah apotek dan kebutuhan masyarakat akan pelayanan farmasi yang berkualitas, pembentukan PAFI di Putussibau menjadi sangat penting. Organisasi ini mulai aktif beberapa tahun yang lalu dan terus berkembang hingga sekarang.

 

Visi dan Misi

Visi: Menjadi organisasi profesi yang unggul dan profesional dalam bidang farmasi, berperan aktif dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Kota Putussibau.

 

Misi:

  1. Meningkatkan kompetensi dan profesionalisme ahli farmasi melalui pendidikan dan pelatihan berkelanjutan.
  2. Memperkuat kerjasama dengan instansi terkait dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan.
  3. Mengadvokasi kepentingan ahli farmasi di berbagai tingkat pemerintahan dan masyarakat.
  4. Mendorong penelitian dan pengembangan di bidang farmasi untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

Kegiatan dan Program

PAFI Kota Putussibau menjalankan berbagai kegiatan dan program yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan farmasi dan kesehatan di daerah ini. Beberapa kegiatan utama yang dilakukan antara lain:

 

  1. Pelatihan dan Seminar: PAFI rutin mengadakan pelatihan dan seminar untuk para anggotanya guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang farmasi. Topik yang dibahas mencakup penggunaan obat yang rasional, manajemen apotek, dan perkembangan terbaru dalam dunia farmasi.

 

  1. Bakti Sosial: Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat, PAFI sering mengadakan kegiatan bakti sosial seperti pemeriksaan kesehatan gratis, pembagian obat-obatan, dan edukasi kesehatan di berbagai komunitas.

 

  1. Kerjasama dengan Institusi Kesehatan: PAFI bekerja sama dengan berbagai institusi kesehatan di Kota Putussibau untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, termasuk dengan rumah sakit, puskesmas, dan apotek.

 

  1. Pemberdayaan Anggota: PAFI juga berfokus pada pemberdayaan anggotanya dengan memberikan dukungan dalam bentuk konsultasi, bantuan hukum, dan informasi terbaru mengenai regulasi dan kebijakan pemerintah terkait farmasi.

 

Tantangan dan Harapan

Meskipun telah banyak yang dicapai, PAFI Kota Putussibau masih menghadapi berbagai tantangan. Salah satunya adalah kurangnya tenaga ahli farmasi di daerah ini. Selain itu, peningkatan kualitas layanan farmasi memerlukan dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah dan masyarakat.

 

Namun, dengan semangat dan dedikasi, PAFI Kota Putussibau berharap dapat terus berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di daerah ini. PAFI juga berkomitmen untuk terus mengembangkan kemampuan anggotanya agar siap menghadapi tantangan di masa depan.

 

Penutup

PAFI Kota Putussibau merupakan salah satu bagian penting dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di wilayah ini. Melalui berbagai program dan kegiatan, PAFI berusaha untuk mendukung para ahli farmasi dalam menjalankan tugasnya dengan profesional dan berdedikasi tinggi. Dengan dukungan dari berbagai pihak, PAFI optimis dapat mencapai visinya untuk menjadi organisasi profesi yang unggul dan profesional.

 

 

 

 

Sumber : https://pafikotaputussibau.org/

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *